Ilustrasi kewirausahaan, sumber foto (@husnawira77) by pinterest.com
Kewirausahaan berasal dari kata wirausaha yang memiliki arti seseorang yang mempunyai ide untuk menyusun, mengembangkan, dan menentukan produk atau jasa baru yang akan dibuat. Sedangkan kewirausahaan merupakan proses seseorang mengelola bisnis tersebut. Sehingga kewirausahaan merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam menciptakan lapangan kerja baru dengan mengembangkan kreativitas dengan inovatif. Menurut Robbing dan Coulter, kewirausahaan merupakan proses seseorang individu atau kelompok individu dengan menggunakan cara teroganisir dan peluang yang menciptakan nilai untuk tumbuh, memenuhi kebutuhan, dan keinginan dengan inovasi dan keunikan, dan tidak peduli dengan sumber daya yang digunakan. Kewirausahaan dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang berupa uang dengan membuat sebuah produk atau jasa yang baru dan menarik.
Pada abad ke-21 ini kewirausahaan telah berkembang pesat selaras dengan perkembangan teknologi yang ada. Hal tersebut memudahkan seorang wirausaha di dalam mengembangkan kewirausahaan miliknya, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa di dalam menjalankannya seorang wirausaha tidak memiliki tantangan.
Apa Saja Tantangan Wirausaha di Abad 21?
1. Perlunya memproduksi produk yang sesuai dengan perkembangan pasar
Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena dengan menciptakan produk yang sesuai dengan perkembangan pasar dan sesuai dengan minat dan permintaan konsumen maka produk kita nantinya akan lebih mudah masuk dan diterima dalam pasar. Dan hal itulah yang menjadikan usaha kita dapat terus berkembang dan menghasilkan keuntungan untuk kita.
2. Banyak pesaing yang menjual produk serupa
Sekarang banyak sekali wirausahawan yang menjual produk serupa mengikuti yang sedang tren dan banyak dicari oleh konsumen di pasaran. Hal ini dapat menyebabkan kita sebagai wirausaha mau tidak mau harus kreatif dan menciptakan inovasi baru mengikuti yang sedang ramai di pasar dan mengikuti perkembangan yang ada, tanpa menghilangkan ciri khas dari produk kita sendiri.
3. Kepercayaan konsumen
Kepercayaan konsumen perlu diperhatikan dalam merintis suatu usaha, hal tersebut karena ketika kita mampu mendapatkan kepercayaan konsumen usaha kita dapat berkembang dengan review (ulasan) baik dari konsumen dan mereka akan kembali membeli produk kita. Hal yang perlu dilakukan adalah untuk selalu menjaga kualitas produk yang kita produksi selalu baik dan bagus, karena sekarang banyak kualitas produk yang tidak sesuai dengan klaim dari usaha yang menjual.
4. Strategi marketing/pemasaran yang kurang maksimal
Hal ini seringkali menjadi alasan utama dari gagal berjalannya suatu usaha. Pada era globalisasi ini kita sebagai wirausaha perlu memanfaatkannya dengan baik dengan mempromosikan produk kita melalui sosial media dengan membuat platform khusus di media sosial untuk menjual produk kita. Agar nantinya konsumen lebih mudah dalam berkomunikasi dengan kita sebagai penjual mengenai spesifikasi produk dan harga.
Demikian
pembahasan mengenai tantangan menjadi wirausaha di abad 21. Tantangan tersebut
perlu diperhatikan oleh seorang wirausahawan yang akan memulai bisnisnya agar
bisnis yang akan dimulai dapat berkembang dengan baik dan mendapatkan
keuntungan yang besar.
Tertanda,
Monica Anggita Djati (22413241030)
Komentar
Posting Komentar