Ilustrasi buku teks,
sumber foto by buku.kemendikbud.go.id
1. IDENTITAS
BUKU
a. Judul
Buku : Sosiologi
b. Pengarang : Joan Hesti Gita Purwasih, Seli
Septiana Pratiwi
c. Penelaah : Iskandar Dzulkarnain, Puji
Raharjo
d. Penerbit : Pusat Perbukuan; Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
e. Cetakan : Pertama
f.
Tahun Terbit : 2021
g. Tebal
Buku : xiv 234 halaman; 17,6 cm
x 25 cm
h. ISBN : 978-602-244-847-1 (jilid
lengkap)
i.
ISBN :
978-602-244-848-8 (jilid 1)
j. Ditujukan untuk : SMA kelas XI
2.
PENILAIAN
A. KELAYAKAN
ISI
1. Kesesuaian
uraian materi dengan SK dan KD
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan
SK dan KD yang ada dan penjabaran materi yang disajikan sudah cukup baik, tidak
hanya sekedar definisi dari sebuah materi saja yang dijelaskan namun juga
faktor penyerta lainnya sebagai penguat dari sebuah materi, sehingga sudah
sesuai untuk mencapai KD yang ada.
2. Keakuratan
Materi
Materi yang ada memiliki denifisi dengan
fakta dan data yang akurat yang didapatkan melalui riset dan penelitian dari
penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya dengan acuan Pustaka yang valid.
Contoh dan kasus yang digunakan sebagai penggambaran materi yang tertera cukup
jelas dan mudah untuk dipahami ketika dihubungkan dengan materi. Gambar,
diagram, dan ilustrasi yang diberikan cukup akurat sesuai dengan materi yang
disajikan sehingga membantu peserta didik untuk memiliki gambaran mengenai
materi yang dipelajari. Penggunaan simbol dan ikon tidak terlalu banyak dalam
buku ini tetapi penggunaannya sesuai dan akurat konteks materi yang digunakan.
3. Kemutakhiran
Materi
Materi dalam buku sudah sesuai dengan
perkembangan TIK yang ada seperti telah menggunakan dan memasukkan kode QR,
sehingga peserta didik dapat men-scan kode tersebut untuk mendapatkan
materi tambahan yang disediakan. Dengan contoh dan kasus yang dibawakan cukup aktual
dengan menggunakan penggambaran peristiwa yang terjadi di Indonesia, dengan gambar,
diagram, dan ilustrasi yang aktual dan disertai dengan penjelas tambahan di
dalamnya
4. Mendorong
Keingintahuan
Dengan tampilan dan layout buku
yang rapi dan menarik disertai dengan gambar-gambar, dan kode QR sebagai
tambahan materi menjadikan buku ini dapat menarik minat dan rasa keingintahuan peserta
didik untuk membaca dan mencari informasi lebih jauh di dalam buku tersebut.
5. Pengayaan
Materi pengayaan yang disediakan sesuai
dengan materi yang sedang dibahas di dalam buku tersebut, sehingga dapat membantu
peserta didik dalam menguatkan pemahaman mereka dan menerapkannya dalam
kehiudpan sehari-hari mereka.
B. KELAYAKAN PENYAJIAN
1. Teknik
Penyajian
Teknik sajian yang digunakan di dalam buku
ini adalah dengan tampilan yang menyegarkan mata dan tidak membosankan dengan sentuhan
desain dan tambahan gambar yang berwarna sehingga dapat menarik minat baca
peserta didik. Dengan materi yang disajikan dari pengertian dasar, hingga pada
perluasan materi tersebut.
2. Pendukung
Penyajian
Pendukung penyajian di dalam buku ini adalah
terdapat contoh-contoh konkrit dari materi yang ada pada setiap babnya, yang
pada setiap akhir babnya akan terdapat kata kunci dan kesimpulan dari materi tersebut
untuk membantu peserta didik dalam belajar memahaminya dengan mudah. Disertai soal
latihan pada setiap akhir babnya untuk membantu peserta didik lebih memahami
dan mendalami materi. Dengan glosarium yang terletak pada akhir buku setelah 4
bab yang membantu peserta didik dalam memahami istilah asing yang tidak mereka
ketahui. Daftar Pustaka yang cukup runtut diletakkan setelah glorarium beserta
dengan jurnal kajian yang digunakan dalam menyusun buku tersebut, juga ada
tambahan daftar sumber gambar setelah daftar Pustaka.
3. Penyajian
pembelajaran
Penyajian materi dalam buku ini melibatkan
peserta didik di dalam menganalisis masalah yang berkaitan dengan materi yang
mereka pelajari melalui pengayaan yang mengajak mereka untuk berdiskusi dalam kelompok,
dan juga soal latihan pada setiap akhir bab untuk mereka kerjakan. Dan di dalam
buku tersebut disetiap materinya terdapat “aktivitas” setelah materi dipaparkan
untuk mengajak peserta didik mengimplementasikan materi yang mereka dapatkan
dengan melakukan eksperimen yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
4. Koherensi
dan Keruntutan Alur Pikir
Materi yang ada di dalam buku dalam satu
bab cukup berkesinambungan sehingga menjadi satu kesautan materi yang memiliki
tema yang sama dan membahasnya secara runtut.
C. KELAYAKAN BAHASA
1. Lugas
Kalimat yang digunakan cukup mudah
dipahami karena tidak berbelit-belit dan tidak terkesan kaku dalam penulisannya.
2. Komunikatif
Materi yang ada dalam buku didampaikan dengan
penggunaan Bahasa Indonesai yang benar dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa
Indonesai.
3. Dialogis
dan interaktif
Kalimat yang digunakan dalam buku tersebut
cukup menarik dan tidak terlalu kaku dalam penulisannya sehingga menjadikan
peserta didik tertarik untuk membacanya dan lebih terasah cara berpikir kritis
mereka ketika mengerjakan soal latihan yang ada karena mengingat materi yang
dipelajari yang penulisannya yang tidak kaku.
4. Kesesuaian
dengan perkembangan peserta didik
Bahasa yang digunakan sesuai dengan
perkembangan kognitif peserta didik, buku ini ditujukan untuk peserta didik kelas
11 SMA sehingga bahasa yang digunakan tidak berbelit-belit dan terkesan
membingungkan dengan banyak istilah yang tidak diketahui peserta didik.
5. Kesesuaian
dengan kaidah bahasa Indonesia
Kalimat yang digunakan di dalam buku ini menggunakan kaidaha penulisan di dalam KBBI dengan ejaan dan penulisan yang tepat.
Tertanda,
Monica Anggita Djati (22413241030)
Komentar
Posting Komentar